Senin, 06 Desember 2010

Cap Go Meh Singkawang Menjadi Ikon Event Visit KalBar 2010


Tatung Visit KalBar 2010
Tatung Visit KalBar 2010
Visit KalBar 2010 memang sudah di tetapkan, dengan segala konsekuensinya. Kecintaan terhadap KalBar lah yang membuat Visit KalBar 2010 dilahirkan secara premature. Seperti kecintaan pasangan muda – mudi yang dimabok kepayang tetapi tidak mempersiapkan secara detail jika sang bayi “Visit Kalimantan Barat 2010″ lahir. Tetapi dari sekian banyak ungkapan pesimistis terhadap Visit Kalbar 2010, ada sebuah daerah yang sudah lama menyembul di jagad wisata Kalimantan Barat. Adalah Singkawang, Kota Amoy namanya, karena terkenal dengan kecantikan amoy (gadis China) nya sampai ke daratan China sana. Bahkan orang China asli dari Daratan RRC ada yang ke Singkawang untuk mencari cintanya.
Singkawanglah yang paling siap menghadapi Visit Kalbar 2010. Secara struktur maupun infra struktur , ditunjang dengan Fasilitas Hotel yang cukup banyak di Singkawang. Singkawang lebih mumpuni. Dan ikon wisata Kalimantan Barat memang Singkawang. Hampir setiap tamu yang datang ke Kalbar pasti ingin ke Singkawang. Obyek Wisata di Singkawang yang pernah saya kunjungi antara lain : Pantai Pasir Panjang dengan pasir putihnya nan elok; Sinka Island, dengan latar belakang Pulau Simping yang kono n merupakan Pulau  terkecil, di Indonesia; Rumah Asli Marga Cina, Pekong tertua di Sinkawang yang ada di tengah kota dan Tungku Naga (tungku tempat pembakaran keramik yang panjang mirip tubuh naga). Untuk Kulinernya, Singkawang memiliki Pasar Hongkong (untuk sebutan Jalan Bawal dan sekitarnya) yang beroperasi di malam hari yang menyediakan aneka makanan khas Singkawang. Saya mencoba Mie Tiaw goreng yang lumayan gurih dan juga Sotong Kangkung. Mau mencoba teh tarik, tapi pada saat itu tidak jual. Dipagi hari mencicipi bubur Pekong, bubur daging sapi plus kuah bersayur yang kental dan gurih.
Singkawang menyediakan budaya, panorama dan kuliner yang menakjubkan. Budaya dengan perpaduan etnis Melayu, Dayak dan Cina menjadikan Singkawang kaya akan ragam budaya.  Yang paling terkenal adalah Perayaan Cap Go Meh yang diadakan 15 hari setelah perayaan Imlek (tahun baru Cina). Pada tahun 2010 ini Cap Gomeh jatuh pada tanggal 28 Februari 2010. Atraksi menarik saat Cap Go Meh adalah parade Tatung yang memperlihatkan ilmu kekebalan tubuh mereka. Pada tahun 2009 kemarin diikuti oleh sekitar  514 tatung dari yang berusia muda sampai yang tua, laki dan perempuan. 2 hari menjelang parade, Tatung biasanya sudah turun ke jalan. Pada saat Cap Go Meh banyak wisataan yang datang ke Singkawang sampai full book semua Hotel di Singkawang. Kabarnya untuk Cap Go  Meh tahun 2010 ini semua hotel di Singkawang sudah full booking. Cap Go Meh inilah sepertinya yang bisa menjadi andalan event Visit KalBar 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar